Half Girlfriend

Half Girlfriend

Half Girlfriend

More Than A Friend, Lesser Than A Girlfriend

20172 h 15 min
Overview

Madhav Jha, a rustic boy from Bihar who is drawn to his college-mate, Riya Somani, an affluent English-speaking girl from Delhi. There’s just one hitch here. Riya is willing to go thus far and no further; Madhav continues being obsessed with her. Will the Bihar boy and the Delhi girl make it past the half-way mark?

Metadata
Director Mohit Suri
Runtime 2 h 15 min
Release Date 19 May 2017
Details
Movie Media Cinema
Movie Status Scheduled
Movie Rating Not that bad

Premis awal tentang Half Girlfriend adalah sebuah status yang tidak ingin dikatakan Friendzone tapi juga tidak ingin dianggap PHP. Reaksi pertama saya ketika melihat trailernya adalah mungkin ini bisa dijadikan terminologi baru untuk milenial. Premis itulah yang saya bawa ke dalam gedung bioskop di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain itu, faktor Chetan Bhagat dan Arjun Kapoor. Arjun Kapoor pernah memerankan karakter Krish Malhotra yang ada di dalam novel Chetan Bhagat berjudul 2 States. Selain itu, salah satu judul yang diadaptasi adalah 5 Point Someone yang memiliki judul film 3 Idiots. Mungkin dengan suksesnya 2 States akan membawa Half Girlfriend mengikuti jejak 2 States tersebut, tapi sangat disayangkan, Half Girlfriend memiliki cerita yang jauh berbeda serta nasibnya.

Half Girlfriend

Half Girlfriend
imgsrc=”http://boxofficecollection.in”

Mengisahkan tentang seorang ‘Putra Mahkota’ Bihar, Madhav Jha (Arjun Kapoor). Seorang atlit basket yang ingin melanjutkan kuliahnya di St. Stevens, Delhi. Suasana yang digambarkan oleh Mohit Suri adalah tidak meratanya pendidikan di India. Dari Bihar menuju Delhi, dari Hindi hingga ke Bahasa Inggris. Setidaknya itu yang tergambarkan pada menit-menit awal film Half Girlfriend ini. Dengan keputus-asaannya, ia menemukan seorang gadis pebasket, Riya Somani (Shraddha Kapoor). Riya yang merupakan asli Delhi, tentu saja sangat fasih berbahasa Inggris.

Okay, tidak ada alasan yang khusus, Madhav langsung jatuh hati kepada wanita Delhi ini. Terkesan klise. Kisahnya dimulai ketika Madhav bisa berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa Hindi. Count the sheep, they’re getting closer day by day. Bak seorang penguntit, Madhav begitu paham dengan kebiasaan Riya. Tatapan demi tatapan Madhav menguasai seantero ruangan bioskop. We even don’t know Arjun can do that.

Half Girlfriend ini bisa dikatakan benar-benar film Arjun Kapoor. Meskipun Shraddha memerankan Riya dengan cukup baik, tetapi terasa masih kurang. Ada beberapa pelajaran yang didapatkan dari film ini. Meskipun semuanya bisa di dapatkan di film lain, namun antara pembuka dan penutup, Mohit Suri lupa menekankan ‘don’t quit‘ yang diberikan di penutup.

Mislead to misled

Image from the movie "Half Girlfriend"
© 2017 Balaji Motion Pictures − All right reserved.

Yang disesalkan adalah selain film ini mendapatkan rating 3.9/10 di iMDB, penjelasannya sangat minim. Jika Critical Eleven memiliki kekurangan pada bonding Anya dan para sahabat, di film ini justru kurang fokus pada sudut pandang Riya. Semuanya serba Madhav. Madhav dikerumuni oleh para pramusaji di acara ulang tahun Riya, Madhav diajari hal-hal yang seharusnya tidak perlu diajari. Terutama oleh Shailesh (Vikrant Massey). Ia berhasil mencuri perhatian dari pertama kali ia masuk ke dalam frame.

Ternyata nantinya, Shailesh memiliki peran yang lumayan penting untuk Madhav. Say it NY’s experience, even introducing Anshika (Rhea Chakraborty) to Madhav. Lagi, Anshika yang terkesan hanya sekedar pelarian bahkan tidak dijelaskan dengan indah. Isu-isu yang kurang penting seperti Bill and Melinda Foundation, UN Foundation dan sebagainya malah menghabiskan beberapa menit dari film tersebut. Memang, itu menjadi salah satu kunci Madhav untuk ke NYC, tetapi tanpa itu semua, Half Girlfriend akan jauh lebih baik.

Judgmental

Terkadang kita sering menilai tanpa mengetahui fakta yang sesungguhnya. Seperti Riya, yang menutupi dirinya, bahkan Madhav mengetahui tidak sebanyak itu. Lantas, Ibunya Madhav, bersikap agak keras mengetahui fakta bahwa Riya tidak pernah menyelesaikan apapun, baik itu kuliah, pernikahan hingga makanan. Penilaian yang wajar, namun akan terasa lebih dramatis jika penonton diberi alasan terlebih dahulu, bukan mengikuti alur, yang mana baru diceritakan Riya setelah kejadian itu.

Madhav Jha’s staring at her

Memang terlihat tidak cocok, seorang quitter (Riya Somani) dan seorang pejuang seperti Madhav. Lantas karena sifatnya itulah yang membuatnya bertemu kembali dengan Riya untuk ketiga kalinya. Perasaan yang sama ketika menonton 2 States, namun Half Girlfriend tidak lebih baik dari 2 States.

Okay let’s wrap up. I think it deserves the rating. I mean the movie could be better if they arise good issue and put some extra screen time to Anshika or even Shailesh. Developing Shailesh-Madhav brofist won’t hurt either. Not a failure, but it could be better. Watch it if you’re really fresh and ready, because it will take you to deep roller coaster motion of Love.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *