Jab Harry met Sejal: A Raw Review

Jab Harry met Sejal: A Raw Review

Jab Harry met Sejal

20172 h 23 min
Overview

This is love story based in the land of beautiful Europe

Metadata
Director Imtiaz Ali
Runtime 2 h 23 min
Release Date 3 August 2017
Details
Movie Media Cinema
Movie Status Scheduled
Movie Rating Average
Images

So, today is the release date of Jab Harry Met Sejal, with its previous title, The Ring, or even Rehnuma. First impression about the poster was: re-modelling Tamasha. But Red Chillies made movie marketing to a new level, which is so identic with the owner, Shah Rukh Khan.

Sufi dan Rumi

Mungkin bagi yang ingin menonton Jab Harry Met Sejal, perlu digaris-bawahi bahwa Imtiaz Ali tidak sengaja memberikan nilai dan ajaran Sufi hampir di semua filmnya. Beberapa filmnya identik dengan perjalanan, lihat Jab We Met (Shahid Kapoor, Kareena Kapoor Khan) lalu Tamasha (Ranbir Kapoor, Deepika Padukone). Di dalam wawancaranya pada tahun 2014, Imtiaz menyatakan bahwa In a journey, you come at a place where you don’t know what is going happen the next moment. Memang sangat bermanfaat untuk mengenali seseorang tanpa waktu yang begitu lama.

Rumi adalah seorang Sufi yang terkenal dengan karya-karyanya, khusus untuk film Jab Harry Met Sejal, mereka mengambil ‘What you seek, is seeking you.’ Film dimulai dengan perkenalan tokoh Harinder Singh Nehra (Shah Rukh Khan) seorang tour guide, yang hidup di Eropa. Premis awal adalah Harry mencari sesuatu yang ia sendiri tidak tau apa yang ia cari.

Jab Harry Met Sejal

Poster for the movie ""
© Red Chillies Entertainment − All right reserved.

Perkenalkan, Sejal (Anushka Sharma), adalah seorang klien yang pernah dibawa oleh Harry. Ia kehilangan cincin pertunangan yang diberi oleh Rupen. Inilah yang menjadi keseluruhan kisah dari film yang berjudul Jab Harry Met Sejal. Imtiaz Ali, sang sutradara, kerap kali dielu-elukan sebagai Yash Chopra masa kini. Seorang sutradara yang terkenal dengan film-film yang bernuansa romantis. Well, it’s not that true at all.

Jika Dilwale Dulhania Le Jayenge menjadi universe dari perfilman, Jab We Met adalah salah satu tolak ukur untuk aktor (wanita). Peran Geeta (Kareena Kapoor Khan) di film itu memang sangat memukau, bersamaan dengan Aditya (Shahid Kapoor). Setelah itu, pada tahun 2011, Rockstar, menjadi buah bibir di kalangan penikmat film. Tak dapat dipungkiri, memang Rockstar mendapat tempat kedua, setelah Jab We Met, di dalam film Imtiaz Ali (belum termasuk Jab Harry Met Sejal).

Shah Rukh Khan, selalu

Aktor asal India ini memang identik dengan romantis. Beberapa filmnya memang menjual cerita cinta yang penuh dengan keromantisan, bahkan itu adalah film antara dua insan yang hidup di India dan Pakistan. Tahun 2016, setelah disuguhkan dengan penampilan emosional pada film Fan (sebagai Gaurav, maupun Aryan Khanna) lalu sebagai psikatri, memang sangat kurang romantis. Awal tahun 2017 disapa dengan film Raees. Memang ada satu lagu romantis yang membuat King Khan beradu akting dengan Mahira Khan.

Pada penampilannya di Ted Talks, King Khan mengakui bahwa ia menjual ‘mimpi’ di dalam film-filmnya. Pada film ini, sekali lagi Shah Rukh Khan membuat kita percaya bahwa ia adalah ikon dari romance boy. Bersama dengan Anushka Sharma, yang terkenal dengan kecakapan aktingnya dalam karakterisasi, baik itu di Jab Tak Hai Jaan, maupun film pertamanya, Rab Ne Bana Di Jodi.

Bukan yang terbaik dari Imtiaz Ali

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa hingga kini, Jab We Met merupakan film terbaik dari Imtiaz Ali, lalu disusul dengan Rockstar. Ada hal yang sangat menarik dari beberapa film dari Imtiaz Ali, yaitu perjalanan. Jab We Met, perjalanan yang tidak terencana oleh Aditya untuk mengantar Geet ke kampungnya, Bathinda. Highway, sebuah perjalanan antara penculik dengan seorang pengidap Stockholm Syndrome. Tamasha, perjalanan antara dua orang asing yang bertemu di Corsica. Hal ini yang membuat Jab Harry Met Sejal akan terlihat sama dengan Tamasha. Judulnya pun hampir mirip dengan Jab We Met, hanya saja kali ini lebih detail.

Memang bukan film terbaik yang pernah dibuat oleh Imtiaz Ali, namun JHMS merupakan film yang tepat untuk ditonton segala usia. Tengah pertama film akan disuguhkan dengan komedi-komedi yang ringan, bukan seperti komedi Akshay Kumar, lalu disuguhkan dengan emotional feeling and its margins.

Not Love Aaj Kal, but it is so Trend

Boomerang shoot, yang akhir-akhir ini sangat terkenal karena Instagram telah menyatukan fungsi tersebut dengan aplikasinya (dulu terpisah). Ada 30 detik dari berbagai scene, Imtiaz Ali memasukkan pengambilan gambar tersebut ke dalam film ini.

Shah Rukh Khan dan Anushka Sharma pernah beradu akting di dalam film arahan Alm. Yash Chopra, yang mana pada akhir dari pertemuan mereka adalah, Samar berjanji akan menjalin kisah romantis yang modern dengan Akira.

Embedded Ads in Jab Harry Met Sejal

Memang tidak ada yang aneh dengan masa kini, semua orang memiliki ponsel serta ada yang memiliki tablet. Tetapi kedua pemeran utamanya memiliki ponsel dari Apple serta sebuah tablet dari Apple tentunya akan sangat diperhatikan oleh penonton. Does they sponsor the film? Or it is just because Shah Rukh Khan is Apple Ambassador in India?

Criticizing Jab Harry Met Sejal

Jab Harry Met Sejal
©Red Chillies Entertainment − All right reserved.

Hampir dari 25% film Jab Harry Met Sejal adalah filler. Ini memang mengandung spoiler, jadi diharapkan kebijaksanaan pembaca. Ketika Harry dan Sejal menemui Gas untuk mengambil cincin, itu tidak perlu dan merupakan hal yang tanggung. Kenapa? Karena sebelum adegan penculikan, Harry dan Sejal saling terbuka, menceritakan tentang kerinduan Harry dengan tanah Hindustan.

Pernikahan Mayank. Adegan ini memang menunjukkan bagaimana Harry dan Sejal memiliki chemistry satu sama lain. Akan sangat bagus jika diganti dengan cerita lain yang mendukung bahwa Harry membutuhkan Sejal. Bukan hanya ketidak fokus-an Harry yang menjadi Indikator untuk Harry pergi ke Mumbai.

He broke the rule again! Untuk menceritakan kisah cinta yang modern, memang tidak luput dari yang namanya ciuman. Pertama kali Shah Rukh Khan melakukan adegan tersebut pada film Jab Tak Hai Jaan bersama Katrina Kaif. And now he did it again, but Thanks, it is with Anushka.

Praising Jab Harry Met Sejal

Hal yang menarik dari film ini adalah lokasi yang begitu menawan. Zindagi Milegi Na Dobara juga memperlihatkan keindahan Eropa, namun dengan teknologi yang semakin maju serta detail lokasi yang konstan menjadi nilai lebih untuk film Jab Harry Met Sejal ini.

Musik yang diolah oleh Pritam memang menjadi salah satu nilai yang paling kuat untuk film ini. Jika Jab We Met adalah film terbaik Imtiaz Ali, namun itu merupakan karya terburuk dari Pritam (beberapa lagu dari film tersebut adalah plagiat dari musisi lain); tidak main-main, lagu Peterpan juga masuk di dalam film Jab We Met tersebut.

Nilai untuk Jab Harry Met Sejal

Ada yang memberikan nilai 2 dari 5, 3 dari 5, bahkan ada yang lebih tinggi. Film ini memang bukan film terbaik, baik itu dari segi pengambilan gambar, cerita, bahkan penampilan Shah Rukh Khan sendiri tidak begitu memukau. Nilai film ini ada di antara 2 dan 3, untuk 3 terlalu tinggi, dan 2 terlalu rendah. Sebagai seorang fan, ini adalah nilai yang objektif untuk sebuah karya, tanpa adanya sisi subyektivitas. (saf)


2 Replies to “Jab Harry met Sejal: A Raw Review”

  1. I have noticed you don’t monetize your site, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month because you’ve got high quality content.
    If you want to know how to make extra money, search for:
    Mrdalekjd methods for $$$

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: If I were you, I won\'t try it.